contoh kalimat kata baru 2013



1.      Politisi PDI Perjuangan Guruh Soekarnoputra menilai, saat ini belum waktunya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi maju dalam kontestasi perpolitikan nasional Tanah Air. Ia menanggapi hasil survei sejumlah lembaga yang menempatkan Jokowi sebagai calon presiden dengan elektabilitas yang cukup tinggi. Menurutnya, hal yang wajar jika Jokowi diharapkan menjadi pemimpin Indonesia. Dari sisi kinerja, Guruh menilai, Jokowi sangat menonjol dibandingkan sosok pemimpin yang ada saat ini.
2.      Problem tak memikatnya partai agama bukan sekadar gejala privatisasi agama saat warga tak lagi memperbincangkan persoalan agama di ranah publik. Fenomena ini memperlihatkan hadirnya paradoks politik agama di Indonesia

3.      Demi mengantisipasi zat-zat jenis baru yang berpotensi menimbulkan efek adiksi, Badan Narkotika Nasional (BNN) akan melakukan perombakan Undang-undang (UU) yang berkenaan dengan zat terlarang dengan kalimat hukum yang lebih fleksibel. BNN dalam melakukan hal ini akan bekerja sama dengan Badan Hukum dan Kementerian Kesehatan, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan.
4.      Sentimen negatif, khususnya dari eksternal, tetap menekan pergerakan nilai tukar rupiah atas dollar AS. Bank Indonesia perlu menjaga stabilitas rupiah ini dengan ekuilibrium baru di atas level Rp 9.500.
5.      Konflik horizontal di Lampung Selatan menewaskan belasan warga dan menghanguskan puluhan rumah. Kekerasan tidak menyelesaikan persoalan. Pemimpin di mana pun seharusnya tidak memberi agitasi dan mendorong rakyat melakukan kekerasan lebih banyak. Semua pihak juga perlu menahan diri.

6.      Hampir separuh remaja penyandang autisme mendapat gangguan bullying (perundungan) di sekolahnya. Angka kejadian perundungan pada anak berkebutuhan khusus tersebut lebih tinggi dibandingkan populasi umum.  Studi sebelumnya menyebutkan anak dan remaja yang diganggu cenderung depresi, kesepian, cemas, dan memiliki prestasi akademik lebih buruk dibanding dengan anak yang tidak diganggu.
7.      Personalization merupakan salah satu fitur dalam messseger. Para pengguna dapat menambah profil foto dan video serta menampilkannya di layar chat, memperbaharui status pesan dengan berita personal, pranala, ataupun musik yang sedang didengarkan.
8.      Petani di pesisir selatan Kulonprogo diimbau untuk tidak bersikap apriori terhadap rencana pertambangan pasir besi di pesisir Kulon Progo. Mereka juga harus realistis mempertimbangkan dampak positif dan negatif dari kegiatan eksploitasi mineral itu.
9.      UU itu menugaskan BPK memeriksa keuangan negara pada tiga lapis pemerintahan di lndonesia, yakni pusat, provinsi, dan kabupaten/kota. Pada saat yang sama, entitas yang tadinya tertutup untuk diperiksa  BPK kini semakin terbuka. Pemeriksaan Pertamina dan sektor migas maupun lingkungan hidup, misalnya, merupakan objek baru bagi BPK.
10.  Langkah politik PDI-P dalam pilgub Jatim kali ini belum terlihat konkret, meski partai berlambang kepala banteng ini sejatinya bisa mengusung cagub-cawagub tanpa berkoalisi karena modal kursi yang cukup di DPRD Jatim. PDI-P diprediksi memiliki target konsolidasi internal dengan mengangkat kader sendiri sebagai cagub-cawagub.
11.  Anomali iklim yang berlangsung selama sepekan terakhir membuat petani bawang merah dan tembakau di Bantul was-was. Mereka khawatir anomali berlangsung lama sehingga berdampak pada kelangsungan tanamannya. Bila itu terjadi, kerugiannya cukup banyak karena mereka bisa saja gagal panen.
12.  Dalam sidang perdana pekan lalu, Adnan Buyung Nasution meminta waktu yang lebih untuk menyusun eksepsi lantaran satu berita acara pemeriksaan kliennya belum diterima dari jaksa. Namun, majelis hakim yang diketuai Albertina Ho tetap memerintahkan agar eksepsi rampung dalam satu pekan. Menurut Pia, kini BAP itu telah diterima.
13.  Menurut Ir. Harjana Soeroer, M.Arch, pentingnya pengembangan Rumah Budaya Indonesia di mancanegara menjadi bagian dari upaya membangun peradaban dunia melalui kebudayaan. Dalam hal ini, RBI sebagai alat diplomasi budaya guna mendukung eksistensi negara dalam konstelasi dunia internasional.
14.  Untuk mewujudkan penyelamatan bumi, Indonesia menata kembali hutan, melakukan moratorium pemberian izin pembukaan lahan baru di hutan primer dan lahan gambut, memerangi kebakaran hutan, pembalakan liar, dan yang terpenting menanam minimal 1 miliar batang pohon setiap tahun. Meski demikian, Presiden mengatakan, masih ada pihak-pihak yang skeptis terhadap program menanam satu miliar pohon setahun. Mereka menganggap program itu hanya muncul di media, hanya sesaat, dan akan dilupakan.
15.  Perubahan Kurikulum 2013 tidak hanya butuh guru yang siap mengimplementasikan pembelajaran yang aktif dan inovatif di dalam ruang kelas. Guru juga mesti dipersiapkan untuk mengubah paradigma soal evaluasi pembelajaran yang tidak semata-mata untuk nilai atau lulus.
16.  Kepala Humas BUMN Faisal Halimi menjelaskan, tujuan utama dari pertemuan Dahlan Iskan dengan B.J.Habibie adalah silaturahim. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk membicarakan hal-hal lain, jadi bisa juga membahas mobil listrik. Menurut Faisal, Habibie termasuk salah satu teknokrat terkemuka di Indonesia, bahkan di dunia, sehingga dalam pertemuan nanti ada banyak yang bisa didiskusikan.
17.  Pendiri perusahaan aplikasi antivirus McAfee, John McAfee, yang telah buron selama tiga minggu dilaporkan telah tertangkap. McAfee menghilang atau melarikan diri setelah dirinya dikaitkan dengan sebuah kasus pembunuhan di Belize, negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah. McAfee telah ditetapkan sebagai tersangka atas pembunuhan tetangganya, ekspatriat Amerika bernama Gegrory Faull.
18.  Warga Jakarta merindukan perubahan tatanan dalam kehidupan masyarakat. Karena itu, dibutuhkan figur pemimpin yang mampu menjawab keinginan masyarakat tersebut. Jokowi merupakan sosok yang identik dengan kebutuhan warga Jakarta. Karakter yang paling kuat dari Jokowi adalah perubahan dalam segala macam hal, termasuk korupsi yang ada saat ini. Jokowi adalah antitesis dari seluruh keadaan yang merugikan rakyat, misalnya kasus korupsi.
19.  Pembajakan software atau piranti lunak tak hanya mengancam industri piranti lunak berskala internasional, tetapi juga industri lokal. Jika angka pembajakan tak ditekan, maka industri piranti lunak lokal sulit berkembang.
20.  PKS saat ini lebih didominasi faksi kesejahteraan yang menurutnya memiliki gaya hidup yang tidak sederhana. Padahal, sebagai partai Islam, ekspekstasi masyarakat akan sosok politisi yang sederhana, bersih, dan profesional sangat tinggi. Saat para politisi PKS tidak lagi menunjukkan hal itu, persepsi publik akan partai Islam akan semakin apatis.
21.  Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Bali menilai wacana Kongres Luar Biasa (KLB) harus segera digulirkan untuk mencari Ketua Umum baru secepatnya menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014. Pengurus Bali sudah sering menyelenggarakan perhelatan nasional dan internasional maka DPD Demokrat Bali pun siap menjadi tuan rumah KLB.
22.  Para pelaku usaha minyak dan gas bumi meminta agar pemerintah kembali mengalokasikan anggaran pengembalian dana pajak dalam rangka impor untuk kegiatan eksplorasi migas. Hal ini untuk mendorong penemuan cadangan baru migas.
23.  pemasangan alat peraga kampanye dianggap melanggar jika memenuhi tiga unsur pelanggaran, yakni alat peraga kampanye dipasang di luar tahap kampanye yang dijadwalkan 6-19 Mei mendatang; alat peraga dipasang oleh tim sukses calon dan; pada baliho atau baner terdapat visi misi dan nomor urut calon.
24.  Perguruan tinggi negeri atau PTN masih meragukan kredibilitas pelaksanaan ujian nasional atau UN. Oleh karena itu, nilai UN ini belum bisa digunakan sebagai parameter seleksi masuk perguruan tinggi negeri.
25.  Perhelatan Indonesia Fashion Week (IFW) 2013 bukan hanya gerakan untuk memajukan industri fesyen tanah air, namun acara yang digelar selama empat hari ini merupakan pesta kain adat seluruh Indonesia.
26.  Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) yang merupakan aliansi seluruh perhimpunan pelajar Indonesia di luar negeri akan mengadakan simposium internasional kelima di India.  Simposium internasional tahunan ini merupakan upaya untuk terus meneguhkan komitmen kontribusi pelajar indonesia kepada bangsa serta membangun jaringan komunikasi intelektual muda Inonesia yang berada di saeluruh dunia untuk bersama bertukar pikiran mencari dan memecahkan berbagai permasalahan aktual yang sedang marak di Indonesia.
27.  Dua orang pengunjuk rasa anti-Presiden Mesir Hosni Mubarak dilaporkan tewas setelah terdengar suara tembakan Tahrir Square. Saksi mata juga mengatakan, banyak orang yang terluka akibat tembakan yang datang dari arah  "Jembatan Oktober", tempat para pendukung Hosni Mubarak berkumpul. Tembakan sporadis terdengar sekitar pukul 04.00 waktu setempat.
28.  Kanselir Otto von Bismarck mencanangkan asuransi kesehatan wajib bagi kaum buruh tahun 1883. Bagi Bismarck, solidaritas merupakan landasan etis untuk menyatukan masyarakat dengan posisi ekonomi berbeda-beda untuk mencapai keselarasan, kesejahteraan sosial ekonomi, dan mengurangi friksi sosial. Langkah itu membuat warga Jerman kini menikmati jaminan pelayanan kesehatan komprehensif berstandar tinggi.
29.  Kemenangan Presiden Barack Obama pada pemilu di Amerika Serikat untuk kembali memimpin negara tersebut (2013-2017) dapat menjadi harapan ke arah peningkatan kerja sama AS-Indonesia secara lebih strategis di bidang ekonomi dan politik kawasan. hubungan AS-Indonesia didasarkan pula oleh alasan primordial yang mendekatkan Indonesia dengan Obama di masa lalu sehingga hal itu dipercaya menambah besar kepentingan AS terhadap Indonesia.
30.  Pelaksanaan ujian nasional program kesetaraan (UNPK) dengan ujian nasional reguler secara bersamaan membutuhkan tenaga pengawas lebih banyak sehingga memerlukan bantuan dari PTN.  Sejumlah dosen dari PTN ditunjuk sebagai pengawas. Dan pihak penyelenggara telah melakukan koordinasi serta persiapan yang intens karena selain terkait pengawasan, pihak PTN juga akan membantu melakukan pemindaian (scanning) hasil UNPK, khususnya untuk paket C.
31.  Setiap manusia pada dasarnya memiliki dua jenis energi yang sama: energi feminin dan energi maskulin. Berdasarkan jenis kelamin, pria akan cenderung menonjolkan energi maskulin dan wanita cenderung menonjolkan energi feminin. Secara kodrat alamiah, energi maskulin berhubungan dengan action (tindakan), ketegasan, dan kejelasan akan arah (tujuan). Sedangkan energi feminin berhubungan dengan ketenangan, merasakan lebih dalam, intuisi, yang lalu melahirkan kreativitas.
32.  Jumlah mata pelajaran dalam kurikulum 2013 dikurangi dengan maksud mengurangi beban belajar siswa, namun muatannya berlipat ganda karena mengikuti alur pikiran kompetensi inti dan jumlah jam pelajaran per minggu ditambah. Dampaknya adalah beban belajar siswa semakin berlipat ganda. Selain itu, rumusan kompetensi inti tidak berdasarkan kajian mendalam dan hasil riset dan inovasi. Hubungan antara kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran tidak koheren sehingga berdampak meningkatnya kepadatan kompetensi dan materi pada tiap mata pelajaran.
33.  Tersangka teroris, Cahya Fitrianta (26), divonis delapan tahun penjara dan denda sebesar Rp 500 juta dengan subsider 5 bulan penjara. Hukuman tersebut dijatuhkan atas tindakan Cahya sebagai peretas situs web untuk mendapatkan uang yang digunakan untuk mendanai kegiatan terorisme.



Previous
Next Post »

Terima Kasih Atas Komentar yang Telah Kamu Berikan

Berkomentarlah sesuai Topik dan Jangan SPAM Jangan Menggunakan Link Aktif ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment