makalah perkembangan virus dan antivirus komputer



antivirus

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur senantiasa kami panjatkan kepada Tuhan Yang Mahaesa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Perkembangan Virus dan Antivirus Komputer.  Makalah ini berisi tentang berbagai pengetahuan mengenai perkembangan virusdan antivirus komputer.
Dalam pembuatan makalah ini, kami banyak mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua  pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan laporan ini.
Penyusunan makalah ini belum mencapai tingkat kesempurnaan baik materi maupun teknik penulisan. Oleh karena itu, kritik dan saran dari para pembaca yang bersifat membangun sangat diharapkan untuk kesempurnaan laporan ini. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca guna menambah cakrawala kita mengenai perkembangan virus dan antivirus komputer.

Jakarta,  Mei 2013

                         
Tim Penyusun







BAB I
PENDAHULUAN
2.1       Latar Belakang
Teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) telah mengalami perkembangan yang sangat pesat pada era globalisasi ini. Hampir semua bidang kehidupan tak lepas dari peran TIK ini. Informasi yang ada di dunia ini dapat kita ketahui hanya dengan memanfaatkan perkembangan TIK ini. Salah satu yang paling berkembang adalah komputer, dimana hampir semua bidang kehidupan menggunakan komputerisasi. Perkembangan bidang TIK saat ini pun memungkinkan semua bidang kehidupan manusia dapat semakin ringan dikerjakan dengan bantuan komputer.

Perkembangan komputer mulai berjalan pesat saat mulai ditemukannya suatu komponen yang dapat menyatukan beberapa ratus bahkan jutaan komponen dalam satu komponen yaitu Integrated Circuit. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi bukan hanya hal positif yang berkembang, selalu ada hal negatif yang mengikutinya. Salah satu hal negatif tersebut adalah hadirnya virus yang menghambat kerja dan cukup merepotkan sehingga menggangu efisiensi dan efektifitas dari produktifitas kerja banyak orang.

Perkembangan virus memang sangat meresahkan para pengguna computer, karena tak hanya membuat computer menjadi lambat dalam pekerjaannya namun juga dapat mengakibatkan terancamnya data-data yang ada di computer kita. Seiring dengan perkembangan virus maka terciptalah sebuah program yang berfungsi untuk menangkal serangan dari virus tersebut, rogram ini disebut dengan antivirus. Perkembangan virus dan antivirus selalu mengalami peningkatan. Perkembangan virus dan antivirus ini dapat dipengaruhi oleh bebrapa factor salah satu diantaranya adaah factor pendidikan.

Oleh karena perkembangan virus dan antivirus ini telah menjadi hal yang ramai diperbincangkan, maka kami membuat makalah mengenai perkembangan virus dan antivirus ini.

2.2       Perumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud komputer?
2.      Bagaimana perkembangan komputer?
3.      Apa yang dimaksud vrus komputer?
4.      Apa yang dimaksud antivirus komputer?
5.      Bagaimana perkembangan virus dan antivirus komputer?
6.      Apa yang dimaksud pendidikan?
7.      Bagaimana peran pendidikan dalam perkembangan virus dan antivirus komputer?

2.3       Pembatasan Masalah
Untuk menghindari pembahasan yang panjang yang dapat membuat pembahasan keluar dari topik yang dibicarakan maka kami membatasi permasalahan ini hanya mengenai perkembangan virus dan antivirus komputer serta peran pendidikan dalam perkembangan virus dan antivirus komputer.

2.4       Tujuan
Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini adalah
1.      Untuk mengetahui perkembangan virus dan antivirus komputer;
2.      Untuk mengetahui jenis-jenis virus dan tipe antivirus yang ada saat ini;
3.      Untuk mengetahui keterkaitan pendidikan dalam perkembangan virus dan antivirus;
4.      Untuk memenuhi tugas akhir matakuliah Pengantar Teknologi Informasi.









BAB II
PEMBAHASAN

2.1       Virus Komputer
Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Virus yang pertama kali muncul di dunia ini bernama “Elk Cloner” lahir kira-kira tahun 1981 di TEXAS A&M. Menyebar melalui disket Apple II yang memiliki operating system. Pembuat virus ini mendisplay pesan di layar : “It will get on all your disks-It will infiltrate your chips–yes it is Cloner!-It will stick to you like glue-It will modify RAM too-send in the Cloner!
Nama “Virus” itu sendiri sebenarnya baru diberikan setelah dua tahun kelahirannya oleh Len Adleman pada 3 November 1983 dalam sebuah seminar yang membahas cara membuat virus dan memproteksi diri dari virus. Tapi bagi kbanyakan orang awam sering menganggap bahwa virus yang pertama kali muncul adalah virus Brain yang justru lahir tahun 1986. Hal ini karena virus ini yang paling menggemparkan dan paling meluas penyebarannya karena menjalar melalui disket DOS yang pada waktu itu menjadi barang yang sangat terkenal.  Virus ini juga muncul bersamaan dengan PC-Write Trojan dan Vindent.

Mulai saat itulah virus mulai menjadi momok yang sangat meresahkan dan perkembangannya menjadi kian cepat. Berselang satu tahun sejak virus pertama yang menginfeksi file muncul, virus komputer berikutnya muncul dan menyerang file yang berekstensi *.exe Virus ini bernama suriv termasuk dalam golongan virus “jerussalem”. Kecepatan penyebarannya cukup cepat sekali untuk saat itu. Bahkan virus ini mampu menembus dan merusak mainframe-nya IBM selama setahun.

Tahun 1988, muncul serangan BESAR terhadap Machintosh oleh virus MacMag dan scores dan jaringan Internet pun bahkan samapai “dihajar” habis-habisan oleh virus buatan Robert Morris. Tahun 1989 bahkan ada seseorang yang mengirimkan “AIDS information program” dan celakanya, begitu file ini dibuka, yang didapat bukannya info tentang AIDS, tapi virus yang mengenskrypsi harddisk dan meminta bayaran untuk kode pembukanya. Sejak saat itu, penyebaran virus sudah tidak terhitung lagi. Akan tetapi dampak yang ditimbulkan tidak terlalu besar. Baru tahun 1995 muncul serangan besar-besaran. Tidak tanggung-tanggung, mereka menyerang perusahaan-perusahaan besar diantaranya Griffith Air Force Base, Korean Atomic Research Institute, NASA, IBM dan perusahaan raksasa lainnya yang disrang oleh “Inetrnet Liberation Front” di hari Thanksgiving. Karena keberanian dan kedahsyatan serangan itu, tahun 1995 dijuluki sebagai tahunnya para Hacker dan Cracker. Hingga saat ini perkembangan virus tetap berlangsung selama perkembangan computer terus berlangsung pula.

Pada umumnya suatu virus memerlukan daftar nama-nama file yang ada dalam suatu directory agar dia dapat mengenali program program apa saja yang akan dia kenai, semisal virus makro yang akan menginfeksi semua file berekstensi *.doc setelah virus itu menemukannya, disinilah kemampuan mengumpulkan informasi itu diperlukan agar virus dapat membuat daftar atau data semua file, terus memilahnya dengan mencari file-file yang bisa dikenai .Biasanya data ini tercipta saat program yang tertular atau terinfeksi atau bahkan program virus ini dieksekusi. Sang virus akan segera melakukan pengumpulan data dan menaruhnya di RAM, sehingga apabila komputer dimatikan semua data hilang tetapi akan tercipta setiap program bervirus dijalankan dan biasanya dibuat sebagai hidden file oleh virus
Kriteria virus berdasarkan kemampuannnya :
®  Kemampuan suatu virus untuk mendapatkan informasi  
®  Kemampuannya untuk memeriksa suatu program
®  Kemampuannya untuk menggandakan diri dan menularkan  
®  Kemampuannya melakukan manipulasi
®  Kemampuannya untuk menyembunyikan diri.
Jenis-Jenis Virus.
  1. VIRUS MAKRO
Jenis Virus ini pasti sudah sangat sering kita dengar. Virus ini ditulis dengan bahasa pemrograman dari suatu aplikasi bukan dengan bahasa pemrograman dari suatu Operating System. Virus ini dapat berjalan apabila aplikasi pembentuknya dapat berjalan dengan baik, maksudnya jika pada komputer mac dapat menjalankan aplikasi word maka virus ini bekerja pada komputer bersistem operasi Mac.
contoh virus :  Variant W97M, misal W97M. Panther  panjang 1234 bytes, akan menginfeksi NORMAL.DOT dan menginfeksi dokumen apabila dibuka. WM.Twno.A;TW  panjang 41984 bytes,  akan menginfeksi Dokumen Ms.Word yang menggunakan bahasa makro, biasanya  berekstensi *.DOT dan *.DOC-dll
  1. VIRUS  BOOT SECTOR
Virus Boot sector ini sudah umum sekali menyebar. Virus ini dalam menggandakan dirinya akan memindahkan atau menggantikan boot sector asli dengan program booting virus. Sehingga saat terjadi booting maka virus akan di load kememori dan selanjutnya virus akan mempunyai kemampuan mengendalikan hardware standar(ex::monitor, printer dsb)  dan dari memori ini pula virus akan menyebar ke seluruh drive yang ada dan terhubung kekomputer (ex: floopy, drive lain selain drive c).
contoh virus : Varian virus wyx  ex: wyx.C(B) menginfeksi boot record dan floopy ;  panjang : 520 bytes;    karakteristik :   memory resident dan terenkripsi). Varian V-sign :  menginfeksi : Master boot record ;   panjang 520 bytes;  karakteristik: menetap di memori (memory resident),terenkripsi, dan polymorphic). Stoned.june   4th/ bloody!:     menginfeksi :  Master boot  record dan floopy;  panjang  520 bytes;     karakteristik: menetap di memori (memory resident), terenkripsi dan menampilkan  pesan "Bloody!june 4th 1989" setelah komputer melakukan booting sebanyak 128 kali
  1. VIRUS STEALTH
Virus ini akan menguasai tabel tabel interupt pada DOS yang sering kita kenal  dengan "Interrupt interceptor". virus ini berkemampuan untuk mengendalikan instruksi instruksi level DOS dan  biasanya mereka tersembunyi sesuai namanya baik secara penuh ataupun ukurannya.
contoh virus : Yankee.XPEH.4928,     menginfeksi file *.COM dan *.EXE      panjang 4298 bytes;  karakteristik: menetap di memori, ukurantersembunyi, memiliki pemicu. WXYC (yang termasuk kategori boot record pun  karena  masuk kategri stealth  dimasukkan pula disini),   menginfeksi floopy an motherboot record;    panjang 520 bytes; menetap di memori; ukuran dan virus tersembunyi. Vmem(s):  menginfeksi file file *.EXE, *.SYS, dan *.COM ;   panjang fie 3275 bytes;  karakteristik:menetap di memori, ukuran tersembunyi, di enkripsi.-dll
  1. VIRUS FILE/PROGRAM
Virus ini menginfeksi file file yang dapat dieksekusi langsung dari sistem operasi, baik itu file application (*.EXE), maupun *.COm biasanya juga hasil infeksi dari virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserangnya.
5. VIRUS MULTI PARTITION
Virus ini merupakan gabungan dari Virus Boot sector dan Virus file: artinya pekerjaan yang dilakukan berakibat dua, yaitu dia dapat menginfeksi file-file *.EXE dan juga menginfeksi Boot Sector.

2.2       Antivirus Komputer

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).
Antivirus-antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware-malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan atau virus ke inbox pengguna.
Antivirus berdasarkan penggunanya dibagi menjadi 2, yaitu Home User dan Network atau Corporate User. Untuk home user, antivirus berjalan seperti biasa. Untuk versi jaringan (network), antivirus dapat melakukan scan di komputer - komputer client dan network drive. Selain itu, proses update komputer client dalam jaringan tidak harus langsung dari Internet. Komputer client dapat melakukan upate langsung dari server jaringan.
Antivirus berdasarkan cara memperolehnya 1. Free antivirus  : anti virus yang diperoleh secara gratis 2. Trial antivirus  : Anti virus yang diperoleh secara gratis namun diberi batasan waktu 3. Donation antivirus : Anti virus yang diperoleh dengan harus mendonasi 4. Paid antivirus : antivirus yang diperoleh dengan cara membeli
Perkembangan antivirus sendiri selalu lebih lambat dari perkembangan virus itu sendiri, hal ini karena antivirus harus mengenali virus baru terlebih dahulu lalu kemudian membuat enskripsinya yang dapat memusnahkan virus tersebut. perkembangan antivirus ini dibagi dalam beberapa periode atau generasi:
1)      Generasi Pertama
Antivirus pada gnerasi pertama ini hanya bertindak seperti scanner sederhana. Antivirus men-scan program untuk menemukan penanda (signature) virus. Walaupun virus mungkin berisi karakter-karakter varian, tapi secara esensi mempunyai struktur dan pola bit yang sama di semua kopiannya. Teknis ini terbatas untuk deteksi virus-virus yang telah dikenal. Tipe lain antivirus generasi pertama adalah mengelola rekaman panjang (ukuran) program dan memeriksa perubahan panjang program. Kelemahan dari antivirus generasi pertama ini adalah ia hanya mampu mendeteksi virus yang polanya telah dikenali olh antivirus untuk virus yang polanya belum dikenali maka proses scanning akan melewatkan virus ini.

2)      Generasi Kedua
Antivirus pada generasi kedua ini sudah lebih baik dan lebih berkembang dari generasi sebelumnya, generai ini disebut scanner yang pintar (heuristic scanner). Antivirus men-scan tidak bergantung pada penanda spesifik. Antivirus menggunakan aturan-aturan pintar (heuristic rules) untuk mencari kemungkinan infeksi virus. Teknik yang dipakai misalnya mencari fragmen-fragmen kode yang sering merupakan bagian virus. Contohnya, antivirus mencari awal loop enkripsi yang digunakan polymorphic virus dan menemukan kunci enkripsi. Begitu kunci ditemukan, antivirus dapat mendeskripsi virus untuk identifikasi dan kemudian menghilangkan infeksi virus. Teknik ini adalah pemeriksanaan integritas. Checksum dapat ditambahkan di tiap program. Jika virus menginfeksi program tanpa mengubah checksum, maka pemeriksaan integritas akan menemukan perubahan itu. Untuk menanggulangi virus canggih yang mampu mengubah checksum saat menginfeksi program, fungsi hash terenskripsi digunakan. Kunci enskripsi disimpan secara terpisah dari program sehingga program tidak dapat menghasilkan kode hash baru dan mengenkripsinya. Dengan menggunakan fungsi hash bukan checksum sederhana maka mencegah virus menyesuaikan program yang menghasilkan kode hash yang sama seperti sebelumnya.

3)      Generasi Ketiga
Antivirus generasi ketiga ini menggunakan metode “jebakan-jebakan aktivitas” (activity trap). Program antivirus merupakan program yang menetap di memori (memory resident program). Program ini mengidentifikasi virus melalui aksi-aksinya bukan dari struktur program yang diinfeksi. Dengan antivirus semacam in tak perlu mengembangkan penanda-penanda dan aturan-aturan pintar untuk beragam virus yang sangat banyak. Dengan cara ini yang diperlukan adalah mengidentifikasi kumpulan instruksi yang berjumlah sedikit yang mengidentifikasi adanya usaha infeksi. Kalau muncul kejadian ini, program antivirus segera mengintervensi.

4)      Generasi Keempat
Generasi ini merupakan generasi antivirus saat ini, antivirus ini menggunakan proteksi penuh (full featured protection). Antivirus generasi ini menggunakan beragam teknik antivirus secara bersamaan. Teknik-teknik ini meliputi scanning dan jebakan-jebakan aktivitas. Antivirus juga mempunyai senarai kapabilitas pengaksesan yang membatasi kemampuan virus memasuki sistem dan membatasi kemampuan virus memodifikasi file untuk menginfeksi file. Pertempuran antara penulis virus dan pembuat antivirus masih berlanjut. Walau beragam strategi lebih lengkap telah dibuat untuk menanggulangi virus, penulis virus pun masih berlanjut menulis virus yang dapat melewati barikade-barikade yang dibuat penulis antivirus. Untuk pengaman sistem komputer, sebaiknya pengaksesan dan pemakaian komputer diawasi dengan seksama sehingga tidak menjalankan program atau memakai disk yang belum terjamin kebersihannya dari infeksi virus. Pencegahan terbaik terhadap ancaman virus adalah mencegah virus memasuki sistem disaat yang pertama.

Untuk saat ini 10 antivirus terbaik yang ada di dunia versi topten antivirus yang telah dilakukan pengetesan dan serangkaian tes dan hasilnya:

  1. Bitdefender Antivirus Plus.
  2. Kaspersky AntiVirus 2013.
  3. Norton Antivirus Pro 2013.
  4. F-Secure Antivirus 2013.
  5. G Data AntiVirus 2013.
  6. BullGuard Antivirus 12.
  7. AVG Antivirus 2013.
  8. Avast! Pro 2013.
  9. Tren Micro Titanium +2013
  10. VIPRE Antivirus 2013.
2.3       Peran Pendidikan Dalam Perkembangan Virus dan Antivirus Komputer.
Pendidikan merupakan sesuatu hak asasi yang melekat pada diri manusia. Melalui pendidikan manusia mengerti akan sesuatu hal yang baik dan buruk. Berbicara keterkaitan dunia pendidikan dalam perkembangan virus dan antivirus computer ini memang harus ditelaah dngan cermat. Secara tidak sadar pendidikan memberikan peran yang cukup besar dalam perkembangan virus dan antivirus computer. Seperti kita ketahui bahwa computer sudah mulai diterapkan dalam setiap lini pendidikan mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi.
Akibat perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi yang sangat pesat maka, dunia pendidikan mau tidak mau harus mulai mengikuti hal tersebut dengan penggunaan computer dan pengajaran computer terhadap siswa. Dan dari sinilah siswa mengenal computer dan sampai ke jenjang perguruan tinggi. Keterkaitan perkembangan virus dan antivirus dengan dunia pendidikan disini terletak pada materi yang disampaikan mengenai program computer.ketika mereka telah mendapatkan ilmunya melalui pendidikan tersebut maka mereka akan dihadapkan pada dua hal, tindakan positif atau negatif.
Tindakan positif yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan program antivirus yang dapat bermanfaat untuk orang banyak seperti yang telah dilakukan oleh siswa SMPN 48 Bandung Arrival Dwi Sentosa yang mampu menciptakan Artav Antivirus berkat pemanfaatan pendidikan yang diterimanya. Dilemanya adalah tidak semua yang diterima melalui proses pendidikan itu diaplikasikan dengan baik, banyak yang malah menyalahgunakannya yaitu dengan membuat virus-virus dengan tujuan dan maksud tertentu seperti untuk mendapatkan popularitas, untuk mempromosikan sesuatu, dan lain sebagainya.
Sehingga peran pendidikan dalam menyampaikan materi mengenai program computer sangat berperan dalam perkembangan virus dan antivirus computer. Apakah baik atau buruk tergantung dari objek yang menerapkannya. 



BAB III
PENUTUP
3.1       Kesimpulan
Virus dan antivirus computer tidakakan pernah berhenti berkembang selama teknologi, informasi, dan komunikasi terus berkembang. Virus computer merupakan sebuah efek negative yang ditimbulkan dari perkembangan itu. Virus computer dapat membuat program computer tidak bekerja sebagaimana mestinya bahkan dalam beberapa kasus dapat mematikan program tersebut. Untuk mengatasi hal itu semua maka munculah sebuah program yang dapat mengatasi masalah tersebut yang disebut dengan antivirus, namun perkembangan antivirus ini selalu lebih lambat dari perkembangan virus itu sendiri.

Perkembangan virus dan antivirus computer ini pun bisa dipengaruhi oleh factor pendidikan, dimana pendidikan mengenai teknologi, informasi, dan komunikasi dan mengenai program komputer akan memberikan efek yang secara tidak langsung dan tanpa disadari terhadap perkembangan virus dan antivirus computer ini.

3.2       Saran
Begitu banyaknya virus computer yang beredar saat ini, maka kami memberikan saran agar disetiap computer yang dimiliki seseorang dipasang antivirus sehingga virus-virus tersebut tidak mengganggu aktivitas dari penggunaan computer tersebut.selain itu gunakanlah ativirus yang segar dan selalu meng-update antivirus agar virus-virus yang baru dapat terdeteksi.










Previous
Next Post »

Terima Kasih Atas Komentar yang Telah Kamu Berikan

Berkomentarlah sesuai Topik dan Jangan SPAM Jangan Menggunakan Link Aktif ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment